Navigation Menu

Engga Mau Dibilang Anak Kecil Lagi Sama Orang Tua

Kita sudah dewasa, kita sudah layak untuk melakukan hal yang dilakukan remaja lain. Kita bukan lagi anak-anak seperti saat-saat sebelumnya. Tapi orang tua tetap seperti itu. Menganggap kita masih anak-anak dan tidak boleh melakukan ini dan juga itu.

Memang wajar orang tua berpikir seperti itu, karena mereka melihat perubahan kita secara perlahan. Hari-hari biasa seolah tidak ada perubahan dan kita hanya begitu-begitu saja. Padahal banyak perubahan yang kita lakukan atau terjadi. Kita sendiri yang merasakan hal itu. Sehingga untuk bisa meyakinkan orang tua bahwa kita sudah dewasa, perlu bukti nyata yang bisa kita tunjukan.

Bukti yang ditunjukan pada orang tua agar mereka tidak lagi menganggap kita seperti anak-anak. Dan untuk hal itu, berikut cara-caranya.
  • Sebisa mungkin, bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas-tugas kita sendiri. Tunjukan pada ortu bahwa kita bisa melakukan itu dengan baik. Dari sini, orang tua akan tahu tingkat kemandirian dan juga kedewasaan kita. 
  • Jadilah anak yang bisa mendahulukan hal penting daripada hal yang tidak begitu penting. Jika dirasa hal itu tidak perlu jangan memaksakan kehendak pada mama papa untuk mengadakannya. Agar lebih ampuh, sedikit berkorban untuk anggota keluarga yang lain bisa dilakukan. 
  • Melakukan hal-hal bermanfaat terutama untuk kepentingan keluarga. Lakukan hal itu dengan baik meskipun itu bukan sepenuhnya tanggung jawab kamu. 
  • Agar orang tua tidak menganggap kita seperti anak-anak, jangan menyimpang dari aturan keluarga. Tetap patuhi tata tertib keluarga meskipun sebelumnya tidak begitu. Jangan merasa berat atau terpaksa, sebab setelah terbiasa hal itu akan menjadi sedikit lebih mudah. 
  • Tepat janji dengan apa yang sudah kamu janjikan pada mereka. Seperti misalnya janji ingin menjadi yang lebih baik. Atau yang lebih sederhana lagi janji pulang pada saat ingin pergi keluar. 
  •  Menjadi pendengar yang baik, saat mereka memberikan pendapat atau masukan. Jangan karena bersifat memojokkan, kamu justru menghindar atau membantah. Itu bukan hal yang baik untuk membuatmu tampak dewasa. 
  • Untuk cara lain membuat orang tua tidak menganggapmu seperti anak-anak lagi, jadilah orang yang benar-benar bisa menjaga sikap dan tidak mempermalukan orang tua. Selain berguna untuk itu, hal ini juga bisa memberikan kepercayaan orang tua saat kamu ada diluar.

0 comments: